Tips Ramah Lingkungan Membersihkan Kaca

JAN29


Sering kali terjadi setelah membersihkan kaca jendela, dan saat dikira kaca telah bersih dari debu, kaca malah jadi terlihat buram. Kemungkinan karena proses membersihkannya yang salah. Oleh karena itu, kaca jendela perlu dibersihkan dengan baik dan benar agar rumah Anda terlihat terawat. Untuk membersihkan kaca, gunakan cairan pembersih khusus kaca. Namun jika tidak yakin bahan pembersih itu bebas bahan kimia, Anda dapat menggunakan bahan yang lebih tradisional, misalnya cairan penyegar wajah atau face toner. Alat pembersihnya dapat berupa kain katun, spons, atau alat pembersih kaca dari karet. Caranya sebagai berikut:

Untuk membersihkan Kaca 

- Cara 1: Gosokkan cairan pembersih atau face toner pada kaca secara dua arah saling tegak lurus. Ini untuk mencegah bekas kotoran tersisa pada setiap ujung arah gosokan. Ulangi beberapa kali sampai debu dan kotoran yang menempel benar-benar hilang.

- Cara 2: menggunakan tembakau. Rendam tembakau berkualitas rendah sebanyak 2 ons selama 30 menit. Gunakan air rendaman tembakau tersebut untuk membersihkan kaca dengan cara mencelupkan lap bersih ke dalam air, peras, lalu gosokkan pada kaca yang buram. Ulangi beberapa kali hingga kaca tampak bersih, lalu gunakan lap basah yang bersih untuk membersihkan sisa-sisa tembakau yang menempel pada kaca. Terakhir, keringkan kaca dengan lap bersih yang kering.

- Cara 3: menggunakan kain bersih yang telah dibasahi cuka putih. Lap kaca dengan cairan cuka putih tersebut, lalu diamkan beberapa saat, dan keringkan dengan koran bekas. Agar lebih berkilau, masukkan tiga sendok makan amonia, satu sendok makan cuka, dan air secukupnya ke dalam botol semprot, lalu kocok hingga rata. Semprotkan merata di permukaan kaca dan bersihkan dengan lap kering.

- Untuk menghilangkan goresan-goresan tipis pada kaca
Gunakan pasta gigi. Oleskan pasta gigi pada area yang tergores, lalu gosok menggunakan kain atau spons. Setelah itu bersihkan seluruh permukaan kaca. Sebaiknya bersihkan kaca pada saat mendung atau saat matahari tidak bersinar secara langsung. Jika udara terlalu panas, bisa jadi akan muncul goresan sisa-sisa pembersih yang langsung mengering.

- Untuk menghilangkan debu dan kotoran pada sudut-sudut jendela
Gunakan sikat gigi berbulu halus.

- Untuk noda menempel di besi jendela, Anda dapat menggosok besi dengan keras menggunakan kain yang telah dibasahi alkohol.




sumber : ciputraentrepeneurship.com