Tips Memilih Tempat Tinggal

JAN29



Mungkin kita sering mengalami kebingungan ketika harus memilih lokasi yang tepat untuk tempat tinggal. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat membantu untuk meringankan kebingungan kita dan mendapatkan keputusan yang tepat.

- Akses Jalan Ke Rumah Kita
Hal ini mungkin sering kali kita remehkan. Tapi apakah Anda akan merasa nyaman memiliki tempat tinggal dimana jalan yang merupakan akses ke rumah Anda dipenuhi dengan lubang, sering tergenangi air sesudah hujan atau terlalu sempit untuk dilalui kendaraan. Jadi pastikan jalan disekitar rumah Anda bebas dari lubang, dan cukup lebar sehingga ketika jalan atau berkendara merasa nyaman melintasinya.

- Kebersihan Lingkungan
Anda akan bertempat tinggal di daerah ini, maka pastikan lingkungan anda bersih. Kotor adalah sarang penyakit dan tentunya Anda tidak ingin sakit kan? Lingkungan yang bersih juga menentukan kondisi penduduk ditempat itu. Jika lokasinya bersih, tentunya kemungkinan lebih besar mereka yang akan menjadi tetangga Anda sudah memiliki kesadaran akan kebersihan yang tinggi.

- Polusi
Seiring berkembangnya teknologi pada kendaraan, semakin banyak orang yang memiliki kendaraan bermesin. Dan kendaraan tidak lepas dari adanya polusi. Mungkin Anda akan berpikir lebih jauh ketika harus memilih tempat tinggal di daerah yang penuh polusi atau daerah yang memiliki tingkat polusi di ambang batas. Utamakan kesehatan.

- Penghijauan
Hijau merupakan warna lambang kesegaran. Tentunya semakin banyak penghijauan yang teratur disekitar tempat tinggal Anda akan terasa lebih menyenangkan dan menarik. Faktor lain, penghijauan merupakan sarana untuk menyerap polusi.

- Bebas Banjir
Indonesia merupakan negara tropis. Frekuensi hujan dan panas seringkali tidak dapat diprediksi. Ketika musim panas, mungkin tidak akan menjadi masalah tetapi bagaimana dengan musim hujan? Jika anda memiliki tempat tinggal didaerah yang sering dikunjungi banjir, akan mengganggu rutinitas kehidupan Anda. Jalan yang tergenang air, rumah yang tenggelam, barang yang rusak akibat terendam air, dan juga kuman dan bakteri yang disebabkan banjir. Cek dulu daerah yang akan menjadi tempat tinggal Anda. Bagaimanapun Anda akan menetapkan tempat untuk Anda berisitirahat dan hidup kelak.

- Lokasi yang Strategis
Hal ini mungkin bersifat subjektif. Karena tergantung akan kebutuhan. Tapi tentunya akan menjadi lebih mudah jika Anda dapat menjangkau area-area penting atau sesuai dengan kebutuhan Anda dalam waktu singkat? Lokasi strategis artinya Anda leluasa melakukan kegiatan-kegiatan dengan efisien dan waktu agar Anda tidak sering kehilangan waktu di perjalanan.

- Fasilitas dan Pelayanan Air, Listrik dan Telepon
Senangkah Anda ketika menghadapi air PDAM sering berhenti mengalir pada waktu-waktu tertentu, listrik sering tiba-tiba padam saat Anda melakukan rutinitas yang penting, atau tidak adanya fasilitas telepon maupun sinyal di lokasi Anda? Layanan-layanan tersebut adalah syarat kelengkapan rumah. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan-layanan tersebut bisa jadi faktor pertimbangan.

- Kemudahan Transportasi
Walaupun mungkin memiliki tempat tinggal dekat jalan raya rawan akan polusi tapi apakah Anda akan memutuskan tinggal di tengah hutan? Bagaimanapun kemudahan akses akan transportasi harus dipertimbangkan. Tempat tinggal yang dekat stasiun, misalnya, dapat memberikan kemudahan bertransportasi jika kendaraan bermotor Anda bermasalah, atau jalanan rumah anda terlanda banjir.

- Fasilitas umum.
Fasilitas umum dapat berupa rumah sakit, apotek, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, kantor pos, atau fasilitas lainnya yang akan membuat tempat tinggal Anda menjadi kota mandiri.